Arti Sebuah Zuhud Manusia

Nov 25, 2012 by

Arti sebuah Zuhud pada manusia adalah meninggalkan segala sesuatu kecuali hanya pada Robnya. Sedang bagaimana kebutuhan manusia terkait dengan konsumsi serta pakaian mereka.
                Manusia senantiasa membutuhkan konsumsi baik makan dan minum untuk kelangsungan kehidupan mereka. Namun dalam konteks zuhud dari segi konsumsi adalah mereka senantiasa memakan makanan yang halal serta tidak isyrof/berlebihan dan hanya sekedar untuk kecukupan kebutuhanya bukan mencari serta menunpuk harta sebagai kekayaanya.
                Sedang zuhud dalam segi pakaiaan terbagi menjadi tiga derajat/tingkatan.
Tingkatan yang Pertama adalah seorang hamba yang hanya memakai pakaian ala kadarnya dan hanya

bertujuan untuk terhindar dari cuaca dingin, panas serta dipergunakan untuk menutup aurot saja. Dalam tingkatan yang pertama hamba mampu mencukupi malbas/pakaian hanya ala kadarnya saja.

Sedang tingkatan yang kedua adalah hamba yang memiliki pakaian untuk menutup badan dan  serta penutup kepala/topi. Sedang dalam tingkatan kedua,  seorang hamba mempunyai kebutuhan lebih berupa pakaian yang layak di tambah dengan penutup kepala. Sedang pada tingkatan ke tiga adalah hamba yang mempunyai pakaian lengkap dan lebih bisa mencukupi kebutuhanya dibanding dengan tingkatan yang pertama dan kedua. Dalam hal ini dijelaskan bahwa seorang yang zuhud dari segi malbas/pakaian adalah hamba tidak mampu melengkapi pakaianya ketika pakaian yang di pakainya dalam keadaan tercuci sedang ia berada dalam rumahnya.”Ihya’ulumuddin Juz 4″

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *